Target Tinggi Timnas Voli Filipina di Asian Games 2018

Tim nasional voli putri Filipina memiliki ambisi untuk mencapai babak perempat final Asian Games 2018. Mereka menetapkan target tersebut meskipun cukup lama absen dari cabang olahraga ini di perhelatan Asian Games.

Bagi tim voli putri Filipina, tampil di ajang Asian Games adalah sesuatu yang langka. Sebelum edisi 2018 di Jakarta-Palembang, terakhir kali mereka tampil di Asian Games 1982 di India. Di multievent, ajang tertinggi yang biasa mereka ikuti hanya SEA Games.

Naasnya, ketika mereka kembali terjun di Asian Games 2018 mereka justru bergabung dengan lawan negara peserta yang sulit. Selain Indonesia yang menyandang status tuan rumah, mereka juga berada dalam satu grup bersama Thailand, Jepang, serta Hong Kong.

Meski begitu, tak ada sedikitpun rasa gentar yang menghinggapi mereka. Bahkan, Presiden Federasi Voli Filipina, Peter Cayco berani menetapkan lolos ke perempat final sebagai target mereka.

“Saya mengatakan kepada tim bahwa tidak ada tekanan. Kami akan memastikan loos ke perempat final. Saya pikir kami bisa mengalahkan negara lain untuk melaju ke perempat final. Dari sana, apa pun bisa terjadi,” ujar Cayco, dikutip Philstar Global.

Jika mengutip sejarah tim voli putri Filipina, mereka memang sempat menajdi tim yang terbaik di Asia Tenggara. Pada delapan edisi SEA Games sejak 1977-1993, mereka mampu meraih enam medali emas. Bahkan, saat terakhir kali tampil di Asian Games 1982, mereka finis di tempat kelima.

Di sisi lain, cabor voli putri Asian Games 2018 sendiri akan dimulai pada 19 Agustus 2018. Untuk sistem penghitungan poin, tim yang menang 3-0 atau 3-1 akan diberikan tiga poin dan tim yang kalah tak mendapatkan poin. Jika menang 3-2, tim pemenang akan mendapat dua poin dan satu poin untuk yang kalah.

“Kami bisa mengalahkan Hong Kong. Dan jika kami mengalahkan Indonesia, kami memiliki kesempatan. Cara kerja tim ini sangat mengesankan. Mereka menjalin ikatan yang berbeda. Semua orang optimistis dan siap untuk menang,” Cayco menegaskan.

Voli putri Asian games 2018 ini sendiri hanya akan terbagi di 2 grup dengan rincian berikut.

Grup A: Indonesia, Thailand, Jepang, Hong Kong, Filipina

Grup B: Korea Selatan, Tiongkok, Taiwan, Kazakhstan, Vietnam, India