Hari Ini Wisma Atlet Telah Dihuni 251 Atlet dan Ofisial

Wisma Atlet Kemayoran telah resmi beroprasi untuk Asian Games 2018 hari ini. Saat iini, gedung wisma atlet ini dihuni sejumlah 251 atlet dan ofisial dari berbagai negara peserta.

“Saat ini jumlahnya sudah ada 251 orang dan akan terus bertambah,” kata Director Athlete Village and Village Service Department INASGOC, Andrewan Tri Ananta, Jumat (10/8/2018).

Selain atket dan ofisial, beberapa negara peserta Asian games 2018 mendatangkan perwakilan national Olympic Commitee (NOC) dari beberapa negara. Contohnya seperti China, Irak, Iran, jepang, dan Qatar.

Khusus untuk kontingen China, mereka akan mengirimkan rombongan sebanyak 1200 orang yang terdiri dari 845 atlet. Mereka diturunkan pada 376 nomor dari 38 cabang olahraga.

Negeri Tirai Bambu ini juga mendatangkan tim pendukung terbaik ke Jakarta dan Palembang. Dari, staf medis, terapis, instruktur kebugaran, teknisi data, dan staf pendukung. Mereka akan membuat camp logistic mandiri.

“Untuk China belum datang semua. Sedikit demi sedikit tergantung kedatangan dan pertandingan,” dia menjelaskan.

Soal logistic mandiri, hal itu tak menjadi soal bagi INASGOC dan dianggap sebagai hal wajar.

“Sebenarnya itu sama saja seperti kita multievent di luar negeri. Sebab, tidak semua ofsial bisa tertampung di wisma atlet. Dari jumlah atlet hanya bisa berapa persen ofisial yang tertampung. Karena itu, China membuat camp logistic sendiri dan itu tidak masalah,” kata Andrewan.

“Tapi jika atletnya tinggal di camp itu, tidak. Saat ini pun tidak ada permintaan itu (peserta kontingen) dan Delegation Registration Meeting (DRM) sedang berjalan. Tidak ada permintaan kontingen tinggal di luar wisma atlet, terkecuali sepakbola. Itu pun mereka tinggal di hotel karena pertandingan di luar Jakarta,” dia menambahkan.